#BANDUNG : one day in Bandung #partI

Friday, January 20, 2017

Bandung, 13 Desember 2016
Yeayyy trip lagi piknik lagi liburan lagi one day in bandung. Dipenghujung 2016.
Bersama Yeni, Anna, Dean dan Lulu kami trip ke tebing keraton. Berangkat malam dengan menggunakan mobil dan disinilah mulai awal cerita yang membuat kami semua bad mood! mobil mogok di tol cipularang sekitar jam satu malam huhu sempat diotak atik beberapa kali sama sii supir dan hasilnya nol akhirnya mobil pun diderek menggunakan jasa marga keluar tol pasir koja. Diantar ke depan bengkel  sekitar jam dua dini hari. Yaampun gile ya ini nunggu bengkel buka jam 8 sedangkan target kami  naik ke tebing keraton jam 4 pagi buat liat sunrise. jam dua malam kami kelimpungan di depan bengket sampai kami berusaha buat searching google nyari bengkel yang buka 24 jam daerah Bandung dan enggak nemu huhu.
Kami pun merasa lapar, mobil ditinggal di depan bengkel. kami berjalan menyusuri jalan sekitar pasir koja untuk cari warung makan yang buka. Benar-benar sepi banget setelah kami jalan sekitar 1 km nemu deh ada warung sea food yang di pinggir jalan masih buka, itu pun sepertinya sudah mau tutup. Mungkin karena perut kosong juga jadi pikiran kami nggak terbuka haha. Sembari menyantap ayam goreng kami mendapat ide ‘gimana kalau kita naik grab car ajh buat ke tebing keraton’ nggak ada salahnya yaa kami coba order. Sempat kepikiran juga emang masih ada grab yang on ya malam gini karna pada saat itu Bandung baru-baru ada kendaraan online. Setelah Yeni coba order ada juga deh yang nyangkut. Mobil ditinggal di depan bengkel ada supir nya yang nungguin sampai bengkel itu buka. Jarak nya berapa km ya saya lupa! karena kami baru pertama kali ini ke tebing keraton kami juga hanya memanfaatkan maps, jadi dari awal order grab kami hanya mengorder pasir koja – simpang dago. Untung ajh driver nyaranin untuk sampai pintu masuk tebing keraton, karena kalau cuma sampai simpang dago itu masih sangat jauh banget ada kali 7 km dengan jalan sepi, gelap, nanjak.
sampai warung bandrek 03:45 menunggu pintu masuk dibuka
Sekitar jam  03:45 Sampailah kami di pintu masuk tebing keraton kondisi benar-benar masih sepi banget dingin pula karena weekday kali ya. Yang ada hanya tukang ojek yang terus terusan ngejar-ngejar kami. Ciee dikejar-kejar :D tapi kami tetap kekeh pokoknya mau jalan kaki sampai atas. Jalanan menanjak gelap dan dingin. Kami hanya memanfaatkan handphone untuk penarangan jalan. Tukan ojek masih ngejar-ngejar dan berkata ‘neng jalannya jauh, nanjak, gelap 3 km neng ayoo naik ojek ajh 50rb dua orang, 30rb deh, 15rb deh’ haha tapi kami tetep kekeh untuk tetap berjalan kaki walaupun sebenarnya kami semua takut karena kami ganjil hanya 5 orang, apalagi saya yang paling kecil dan sempat saya mau nyerah. Udah yen, kita naik ojeg ajah atau nanti ajah naiknya nunggu adzhan subuh. Teman-teman yang lain juga takut Cuma sii Yeni yang paling berani (tapi setelah kami sampai di atas tebing suasana sudah ramai Yeni berkata jujur sebenarnya gue juga takut takut banget malah. Tapi kalo takut semua gimana jadinya, gue pura-pura berani ajah haha). Sekitar pertengahan jalan kami sambil baca-baca do'a dan berjalan dengan berpegangan erat dari belakan tersorot lampu senter dan ramai-ramai gitu. Ternyata sudah banyak yang mulai nanjak dan adzhan subuh pun berkumandang alhamdulillah pelong rasa takut kami hilang hehe.

Sebelum membeli tiket masuk dengan harga 15rb/orang, kami singgah dulu di warung bandrek dan cari toilet untuk cuci muka, yaampun semalaman nggak tidur gara-gara mobil mogok. Tapi badan kembali segar setelah melihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota Bandung dari ketinggian tebing keraton masyaAllah damai banget rasanya hehe.
damaiii

semoga lekas ketularan prewed seperti yg dibelakangku ya aminn

ini sesuatu yang belum bisa kujelaskan di blog ini inshaAllah next blog ya :)
Sudah puas berada di puncak tebing keraton. Jam tujuh kami turun dan mampir lagi di warung bandrek sambil menikmati sarapan dengan disuguhkan lautan awan yang sangat indah di depan mata.
lautan awan depan mata diambil dari saung di warung bandrex sambil menikmati sarapan pagi
perjalanan pulang jalan 9 km
jalur tebing keraton melewati pemukiman warga
Eitsss mendadak galau datang lagi. Ini kami mau turun naik apa? ojek atau jalan kaki huaaaa, akhirnya kami memutuskan untuk jalan kaki lagi sampai 9 km ke bawah. Karena sii mobil belum bisa jemput kami, saya sudah hampir melambaikan tangan ke kamera huhu ga kuat uyyy. Saat kami sedang jalan ada mobil barang gitu yang supirnya bapak-bapak ngelihatin kami ajah terus menyapa kami ‘neng pada mau kemana’ ‘mau ke bawah pak sampai ketemu angkot’ ‘oh kalo gitu ayoo ikut bapak ajh sampai bawah sampai ada angkot’ alhamdulillah selalu ada jalan. Namanya pak Edi beliau sangat baik, semoga nanti pak Edi atau anak atau sodaranya semilas lagi diberi sulit segera dipermudahkan dengan pertolongan dari Allah. kami Cuma numpang sampi simpang dago.
Target destinasi kedua. melanjutkan perjalanan ke farm house menggunakan grab car lagi, order lagi jam Sembilan kami sudah ada di dalam mobil menju farm house kami semua ketiduran, sengaja tidur sih karena sungguh memang lelah sangat. Kebetulan jalan Bandung lagi macet jadi lumayan lah kami bisa tidur agak lama haha kecuali Yeni dia duduk depan sebelah driver karena katanya ‘risi kalo gue tidur sebelah driver. Drivernya masih muda seumuran kita’ haha dasar lo ganjen.

Sampai di farm house kami dibangunin sama Yeni ‘weeh bangun-bangun sudah sampai’ sekitaj jam 11. sampai disana membeli tiket masuk 20rb/orang, tiket bisa ditukar dengan susu kambing segar dengan pilihan rasa yang kami mau. Langsung kami cari toilet untuk ganti baju. Karena kami nggak mandi, tapi pake parfum kok haha.
sudah pakai parfum sudah ganti baju :D
miris saat itu melihat ini. why you know ? :D
saya domba lulu dan yeni
awalnya takut tapi ternyata domba farm house baik baik
tempat hits :D

iya beginilah yang punya kamera jarang difoto bareng2 kecuali selfi

Lelah apa puas sudah main di Bandung nya? lelah kalo saya. tapi, puas sih dan masih merasa punya hutang untuk mengunjungi tempat wisata lain sebenarnya masih ada destinasi yang kami mau kunjungu yaitu dusun bambu tapi, kami semua sudah lelah dan ya masa mau naik grab lagi? atuhh nggak sesuai budget kami. Dan memutuskan untuk makan sajah lah di warteg depan farm house sambil nunggu sii mogok datang menjemput kami. Sampai-sampai saya ketiduran di warteg dan kebangun karena warteg ramai oleh pengunjung yang mau makan, sambil celingukan teman-teman saya nggak ada, mereka nunggu di warung samping warteg sambil cas handphone. (sudah deg-degan kukira kuditinggal).
Sebenarnya masih bisa setelah dari farm house lanjut dusun bambu tapi fix lah kami memutuskan untuk next Bandung trip. Sebelum pulang kami mampir dulu ke Cibaduyut untuk beli oleh-oleh dong.

Dari perjalalan ini yang paling saya sukai adalah dibagian “pas mau nanjak ke tebing keraton dan saya merasa paling takut karena kami ganjil dan saya paling kecil, dan senjata saya membaca ayat kursi sampai adzan subuh berkumandang :D”