beAssertive

Wednesday, November 18, 2015


Awalnya dengar kata ini agak familiar, pernah denger dimanaaa gitu,, oh ternyata denger di perkuliahan ntah pas mata kuliah apalah. Intinya yang gue ingat sikap asertif itu adalah sikap yang paling baik.
Ternyata memang benar sikap asertif itu sikap yang baik. Asertif bisa berarti bersikap tegas. Nah ini nih, kadang kita suka mempersepsikan bahwa tindakan tegas itu mengacu pada hal yang sedikit agresif seperti tegas itu keras, suara lantang, muka garang dll. Emang sih, kata buku-buku orang kadang sulit membedakan antara agresif sama asertif karena perbedaanya tipiiiisss.
Sifat tegas memang bisa dikategorikan sebagai sikap yang agresif maupun asertif. Jika mengacu pada ketegasan dengan tanda-tanda yang tadi disebutkan diatas hal itu jelas-jelas merupakan bagian dari kelompok tindakan agresif, karena ketegasan itu akan sedikit membuat orang yang ditegasin merasa tidak nyaman, bahkan tguet, tak jarang juga bahasa yg dituturkan malah membuat tersinggung, nah itu tuh yang namanya tegas agresif.
Tapi...hal itu beda lagi dengan yang namanya ketegasan dalam ranah asertif, asertif disini maksudnya yaitu tegas karena berani menyatakan sesuatu khususnya dalam mengungkapkan hal-hal yang kurang berkenan, berani katakan TIDAK jika memang merasa tidak ingin atau tidak berkenan bahkan tidak suka, namuuunn...dalam mengatakannya juga tidak sembarangan harus tetap diperhatikan tutur katanya, jangan sampai melukai perasaan orang lain, apalagi sampai mencaci, mencela atau menyindir (kalo itu sih balik lg ke sifat agresive). Nah ini nih masalahnya, secara gak sadar kita jadinya terbiasa untuk memendam rasa gak enakan itu sehingga sulit untuk berkata TIDAK atau mengungkapkan rasa ketidaksukaannya, ditambah lagi memang mengungkapkan rasa tidak suka secara asertif emang ga mudah, karena sesuatu yang pada dasarnya kita nolak pasti membuat emosi kita sedikit naik. Emosi itu kan muncul ketika kita merasa kenyakinan kita terusik krn suatu gangguan. Oke-oke gue kasih contoh :
Misal nih kita lagi di sebuah angkutan umum (katakanlah angkot), disitu terdapat banyak penumpang (udah penuh lan 4-6 gitu) bahkan ada penumpang anak-anak, dan dengan cueknya ada 1 orang pemuda ngerokok di dalemnya (wihh nyebelin bgt tu, udah bikin batuk-batuk lah). Nah disini kita harus bisa bertindak tegas dengan memberitahu si penumpang oty (dibaca:nakal) itu untuk mematikan rokoknya krn sangat mengganggu. Disitu pasti emosi kita naik tuh tapi sebagai orang yang asertif kita harus bisa mengungkapkan rasa keTIDAKsukaan itu dengan cara yg halus dan tidak membuat dia merasa dipermalukan (nah loh susah kan). Mungkin miriknya klo disaat itu kita disana pasti dalam hati kita bilang "gila ni org udah tau penuh sesak gini eh malah ngeroko, ngasih racun lu ye ke paru-paru gue pngn rasanya ngomelin org gatau diri kaya gt" tapiiiiii...kadang2 kalimat2 semacam itu hanya bisa terhenti sampai dihati saja, karena tguet juga, tguet malu lah, tkt dia marah balik lah, atau ga enak dll dan alhasil kita membiarkan...uh sayang banget kannn... pdhl org kaya gt hrus di kasi tauuu, tapi kenyataanya mungkin kita dulu pernah ada di posisi itu.
Sedikit curcol ni, bulan lalu gue pergi ke nikahan temen, asli dh hari itu gue laper parahhhhh akhirnya ngantri lah buat ambil makan, ehhhhhhh tiba-tiba d depan ada 3 orang ibu2 nerobos masuk antrian, alhasil gue jd makin belakang deh, bayangin tuh dalem kondisi laper gue!emosi jiwaaaa rasanya. Sempet kepikir mau negur, tapi malu jg tkt disangka kelaperan bgt (padahal mah iya), dan ga enak jg krn ternyata yg nyerobot itu pihak keluarga pengantin (soalnya pake seragam gitu, mungkin tantenya keles) ya udah lah akhirnya gue cm bisa pasrah dan menganggap itu cobaan (wlopun hati ini kesel bgt rasanya pngn nimpuk tu orang pake kerupuk udang) -_-. Yups gue akuin pada saat itu gue sm sekali ga asertif, krn emg kenyataanya bersikap asertif itu kagag gampang cuuyyy!! Hemm Tapi jujur gue lagi mencoba untuk belajar jd org yang tegas secara asertif tanpa adanya keagresifan.
Mungkin dari dulu ampe sekarang, kita jarang bgt bahkan gak pernah diajarin untuk bersikap kaya gini, di sekolaanpun kagag nemu tuh guru ngajarin bersikap kaya gini, ditambah emg cara harus bersikap minim bgt diajarin waktu sekolah. Gue jg dulu pernah sih belajar PPKN dan mengenal macam2 sikap dan perilaku kaya berjiwa besar, lapang dada dll. Cuma mungkin ada yang salah dr penyampaiannya, seinget gue dulu ulangan itu cm disuruh ngafalin pengertian dan istilah bukannya belajar dr studi kasus. Gue mikir ya, kenapa cb dulu pas ulangan kita gak dikasih soal yang isinya apa yang bakalan dilakuin, misalnya materi ttg lapang dada, harusnya si soal ulangan tuh bukan nanya "apa yang dimaksud dengan lapang dada" tapi klo perlu dikasih ilustrasi dan gambar ttg suatu situasi yang membuat kita terlibat dan harus belajar bersikap lapang dada, mungkin itu akan lebih berguna.
Gue aja bingung deh, ntah emg krn gue yang kurang baca buku, jujur gue sedih krn gue baru tau ada sebuah kata yang namanya asertif di umur gue yg udh 20, mungkin kalo gue tau dari kecil dan belajar mengaplikasikannya or somebody told me about that in the past mungkin gue gak akan pernah jd korban bullying sewaktu SD.
Thats why gue pngn kasih tau ke siapapun yang baca tulisan ini buat sama-sama belajar bersikap asertif, ya minimal kita tau asertif itu apa, ada loh ungkapan itu, mungkin klo anak2 psikologi sih udah pasti tau duluan, cm buat yang lain kan msh ada aja yg belum tau. #beAssertive
Semoga bermanfaat...    

You Might Also Like

2 komentar

  1. "Asertif bisa berarti bersikap tegas."

    Walah baru tau hihihi

    blog baru ya ? keep blogging :)

    ReplyDelete
  2. Trimakasih kakak sudah mampir di blog saya. Hihi iya blok baru :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Popular Posts