Kabar Yang Membawaku Pulang

Tuesday, April 12, 2016

Awal April 2016 keluarga besar saya dilanda kabar duka tepatnya Jum’at, 1 April 2016 bude saya di Sidareja meninggal dunia. Setelah mendengar kabar duka itu saya langsung berkemas pakaian dan pulang ke Sidareja, mumpung masih libur kuliah meskipun ini diujung liburan semester saya karena tanggal 4 hari senin sudah harus masuk kuliah dan saya ambil cuti kerja selama 4 hari. Saya pulang ke sidareja sama pakde naik bus GR (gapuraning rahayu) di terminal lebak bulus sepanjang perjalanan yang ada difikiran saya hanya bude, bude, dan bude soalnya dulu waktu saya kecil saya tuh deket sama bude saya itu saya sering dikasih uang hee, ingett banget dehh beliau baik. Tapi Allah punya rencana baik bude sudah dipanggil Allah, bude sakit selama puluhan tahun 3 tahun terakhir bude sudah tidak bisa berjalan semua hal dilakuin di tempat tidur. Ini memang sudah jalan hidupnya dari pada beliau sakit akhirnya Allah memanggilnya, semoga amal ibadah diterima disisi Allah SWT aamiin.

Lanjut ya cerita perjalanan saya, setelah keluar tol bus yang saya naiki beristirahat di tempat persinggahannya diperbatasan Bandung-Tasik. Lanjut lagi melaju sekitar mungkin 10 Km bus tiba-tiba mogok ditengah jalan tepatnya enggak tau didaerah mana itu, yang jelas posisi nya ada di jalan tapi ditengah hutan gitu. Jam menunjukan pukul 01:00 udara lumayan dingin, semua penumpang turun termasuk saya dan pakde menunggu kedatangan bus yang lain dengan tujuan yang sama sekitar 45 menit (begini nih paling enggak suka naik bus pengalaman banget soalnya setiap naik bus antar provinsi pasti di oper-oper). Ehhh enggak nyangka lagi ternyata penumpang tujuan sidareja harus oper bus lagi, saya, pakde dan beberapa penumpang lainnya diturunin lagi di pangkalan bus itu tepatnya di daerah Ciamis hooaaammm (ternyata bus itu bukan tujuan sidareja tapi karang pucung). Nunggu lagi deh hampir 1 jam, dan ini semoga bus terakir yang saya naiki sampai tujuan saya. Sampai saya di sidareja pukul 05:30 (telat banget karena bukan cuma saya dan pakde yang on the way sidareja tapi sepupu dan sodara-sodara saya yang lain dari jakarta juga. mereka sampai sidareja sekitar pukul 4). Sampai di sidareja saya tidak bertemu dengan alm bude saya karena sudah dimakamkan saya dan sodara yang lain hanya datang ke makam, berdo’a dan ikut yasin, tahlil malam harinya.
kakak dan sepupu

saya dan kakak
Minggu, 3 April 2016 sekitar jam 10:00 tiba-tiba saya rindu teman-teman Smk saya, nahloh bingung kan mau kemana soalnya teman-teman Smk juga kebanyakan merantau semua sih (sama saya juga) tapi ada satu teman yang saya yakin dia pasti di rumah Enni Anggraeni namanya. Tanpa pikir panjang langsung cuss saya ke rumah Eni, sampai di rumah Eni kita ngobrol-ngobrol dan temu kangen hehe. Sepertinya saya rindu tempat-tempat main saya semasa saya di sidareja, langsung ajah saya sama Eni on the way puncak tertinggi di Sidareja tepatnya enggak tau berapa Mdpl nama desa Penyarang, kecamatan Sidareja, kabupaten Cilacap, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Enggak sengaja banget ketemu sepupu cowok saya disana yasudah kebetulan bisa disuruh buat fotoin saya sama Eni :D

rindu banget ya neng :p
Selfi di sawah *alay ya :(

Sudah lelah ya sekitar pukul 14:00 saya dan Eni pulang ke rumah masing-masing (sampai bertemu lagi ya en, semoga bisa bertemu dengan teman-teman yang lain juga), soalnya besok sudah hari senin saya sudah harus balik ke Tangerang, (bolos kuliah 1 hari kan tuh). saya balik ke tangerang sendirian enggak bareng pakde lagi, pakde pergi ke Jogja ke rumah anaknya. Saya naik kereta, ya itu yang saya mau saya suka naik kereta ketimbang naik bus.
otw merantau dan kuliah again !

Senin pagi, 4 April 2016 pukul 08:19 kereta Sidareja-Pasar Senen berangkat. Sebelum saya berangkat sekitar pukul 06:00 saya sempat selfi-selfi dulu sama adik saya yang hari ini tanggal 4 April doi juga melaksanakan UN (belajar yang rajin sukses ya buat UN nya dek Isti).

saya, adik dan kucing kesayangannya
Di dalam kereta saya satu tempat duduk sama bapak-bapak sudah cukup umur saya banyak ngobrol dan mendengarkan cerita bapak itu ternyata beliau adalah seorang dokter yang bertugas di Itali beliau lulusan Universitas Hasanudin. Pak dokter itu banyak cerita tentang pengalaman beliau sedari masih sekolah sampai punya istri hehe. Dengan tujuan yang sama setasiun Rawa Buntu, tapiii saya dan pak dokter kehilangan pandang di setasiun Tanah Abang yahhh tau sendiri Tanah Abang berjubel-jubel manusia. Semoga makin banyak kenalah, berbagi pengalaman dan mendengarkan cerita dari orang-orang sukses (bisa menginspirasi dan saya jadikan motivasi) yang saya dapat dari setiap perjalanan saya. Sekian ya cerita diakhir libur yang tidak saya duga harus membawa saya pulang.