#Yogyakarta : Liburan Awal Tahun #partII

Friday, March 23, 2018

Kali ini saya ke Jogja bersama Ika, Aji, mbak Eqi, mbak Ina, mas fajar dan adik mas fajar Mia. Ke jogja kali ini sudah direncanakan dari akhir 2017 karena untuk mencari waktu yang tepat supaya semua bisa ikut, keputusan berangkat diambillah pada tanggal 23 feb 2018. (wah satu tahun ya perencanaanya wqwq).

Saya berangkat dari Sidareja karena kebetulan bebarengan saat itu saya sedang ada di Sidareja untuk menikmati liburan yang panjang. Teman-teman yang lain berangkat dari Pamulang. Dengan menaiki kereta Pasundan seharga Rp. 94.000 sampailah saya di stasiun Lempuyangan jam 14:00, dan langsung menuju ke penginapan dengan menggunakan ojek online. Penginapan yang kami sewa cukup nyaman, nama penginapannya Hotel Agung Mas berada di Jl. Hos. Cokrominoto No. 108 Yogyakarta. Sesampai di penginapan saya check-in dan langsung istirahat sembari menunggu teman-teman yang lain datang. Mia datang lebih dulu karena dia datang dari Wonogiri. Saya mendapat kabar yang sedikit tidak mengenakan sore itu karena kereta yang dinaiki teman-teman dari Pamulang datang terlambat. Yang seharusnya sudah sampai Jogja jam 19:00 dikabarkan akan terlamabat yang belum pasti kapan sampainya, karena di Cirebon terjadi banjir yang menggenangi rel kereta. Sampailah mereka dipenginapam jam 02:00 dinihari. Tidur sebentar sampai jam 04:00 karena sudah masuk list jadwal kami selama di Jogja. Ngantuk nggak ngantuk harus wajib bangun (yang datang dari Pamulang cuma tidur 1 jam. Tapi, mungkin mereka sudah tidur di kereta kali ya).

sumber : Hotel Agung Mas
familly room
Sehabis sholat subuh kami langsug berangkat menuju destinasi pertama. Dengan menggunakan mobil yang kami sewa dan bantuan maps sampailah kami di Kebun Buah Mangunan berlokasi di kabupaten Bantul yang berjarak 35 km dari pusat kota Jogja. Ini kedua kalinya saya mendatangi Kebun Buah Mangunan, sebelumnya sudah saya ceritakan di Yogyakarta #partI hehe. Sampai disana sekitar jam 6. Selama diperjalanan, jalan yang kami lewati masih sepi tapi ternyata setelah memasuki parkiran sudah dipenuhi kendaraan dan penjaga pintu masuk bilang sudah 300 pengunjung. masyaAllah memang tidak diragukan lagi kalau Kebun Buah Mangunan  recommend banget untuk dikunjungi kalau liburan ke jogja.

Mia, Mbak Ina, Ika, Mbak Eqi dan saya
Seribu Batu Songgo Langit
Setelah Kebun Buah Mangunan kami melanjutkan ke destinasi kedua Seribu Batu Songgo Langit. Tempatnya hanya berjarak sekitar 3 km dari mangunan. Kami tidak lama di Seribu Batu. Melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya. Sembari mobil kami berjalan menuju destinasi berikutny perjalanan yang lumayan jauh kami mampir untuk sarapan di pasar yang berada di daerah Wonosari. Destinasi berikutnya adalah destinasi ketiga yaitu pantai Indrayanti yang berlokasi di Gunung Kidul berjarak kurang lebih 66 km dari pusat kota Jogja. Perjalanan kurang lebih 1 jam dari lokasi Seribu Batu. Sampailah kami di Indrayanti jam 11. Kami langsung disuguhkan dengan suasana pantai yang panas dan ramai. Sebenarnya sih nggak sesuai ekspektasi, yang kami lihat di google, ternyata realita tempatnya ramai banget sampai-sampai saya dan mbak Eqi nanya ke orang yang menyewakan tempat duduk dan payung. Kami memastikan apa benar ini pantai Indrayanti karena kok suasananya tidak sesuai seperti ada yang di google. Katanya sih benar ini memang sedang ramai karena sedang liburan sekolah jadi memang banyak yang berkunjung.

Pantai Indrayanti
Setalah puas menikmati suasana pantai dan waktu sudah menunjukan jam 13:00 kami segera berkemas dan menuju destinasi keempat yaitu Unggul Ponggok. Lokasinya berada di Jl. Raya ponggok Delanggu, kec Polanharjo, kab Klaten. Perjalanan lumayan jauh juga kurang lebih 2 jam dari pantai Indrayanti. Umbu Ponggok merupakan mata air yang dimanfaatkan sebagai pemandian, snorkeling dan diving dengan kedalaman air rata-rata 1,5 – 2,6 meter dengan tiket masuk Rp. 15.000/orang. Umbul Ponggok ini destinasi yang pengen banget dikunjungi sama Ika. Saya nggak ikut nyemplung di Umbul Ponggok karena saat itu tiba-tiba badan saya merasa kurang enak jadi hanya melihat mereka diving saja.

Umbul Ponggok
Merasa puas sudah. One day mengunjungi destinasi yang sudah kami list goal. Sebelum kembali ke penginapan kami mampir dulu ke angkringan yang berada di kota Jogja. Setelah sholat isya kami keluar lagi untuk menikmati malam kota Jogja di Malioboro.

Gemasss sama gantungan kunci Danbo
Alun-alun Kidul
Keesokan harinya setelah kami sarapan dipenginapan, kami langsung check-out. Sebelum membeli oleh-oleh dan menuju stasiun Lempuyangan kami mengunjungi  destinasi ke lima yaitu Taman Sari. Alhamdulillah saya merasa puas banget liburan di Jogja kali ini.

Taman Sari

Lokasi yang paling saya sukai di liburan kali ini adalah Kebun Buah Mangunan. Karena pribadi saya kebih suka suasana Gunung ketimbang Suasana Pantai. Apalagi dengan disuguhkan lautan awan. Meskipun kami tidak dapat sunrise pagi kala itu. Karena memang waktunya tidak kekejar. Tapi saya merasa benar-benar puasa karena kesampaian untuk melihat negri atas awan kota Yogyakarta.