Tugas Kewirausahaan : disemester Akhir

Sunday, March 25, 2018

Kapan lagi dapat tugas kelompok karena sudah semester akhir toh ya lima bulan lagi sudah nggak ada tugas-tugas melainkan menyelesaikan Skripsi. Kalau dirasa jenuh ya pasti jenuh dengan tugas. Namun bukan berarti saya tidak mau mengerjakan. Disemester 8 ini saya mendapat tugas dari mata kuliah Kewirausahaan. Tugas kali ini berbeda dari tugas yang sudah pernah saya lalui dimata kuliah lain, disemester-semester sebelumnya. Tugas praktek yang dimana mewajibkan mahasiswa untuk memasarkan sebuah produk dari koperasi kampus. Koperasi di kampus tergolong baru karena berdiri pada bulan Januari 2018. Nama koperasinya KOPIN MART yang menjual produk frozen food khusus seafood seperti Nuget Ikan, Bakso Ikan, bakwan Ikan, pangsit Ikan, selain ikan ada juga cumi dan tuna,  saus, sambal, kerupuk dan minuman kemasan.

Masing-masing kelompok terdiri dari enam atau lima orang, untuk kelompok saya terdiri dari enam orang Asisca, Herlina, Nia, Shena, Yeni dan Saya. Informasi yang diberikan oleh Pak Rusdi (dosen) menjelaskan bahwa, mewajibkan setiap kelompok ditargetkan untuk  menjual produk koperasi sampai 1,5 Juta per kelompok selama satu semester. Selain sebagai memenuhi tugas Kewirausahaan, tugas ini bermaksud agar mahasiswa bisa mendapat sertifikat atau surat keterangan praktek Kewirausahaan, sebagai salah satu syarat pengajuan sidang Skripsi. Setelah berjalannya tugas ini selama satu minggu pak Rusdi menginformasikan kembali bahwa target yang ditetapkan sesuai surat keputusan (SK) perkelompok sebesar 1,5 Juta. Yang benar adalah 1,5 Juta itu untuk per orang. Amat sangat berat bagi saya!

Awalnya tugas ini tidak terasa berat bagi saya, tapi setelah medapat informasi targetnya 1,5 Juta per orang itu berat (cukup aku saja kamu enggak akan kuat wqwq) memangnya kegiatan kami hanya mau berjualan saja setiapharinya!. Karena banyak diantara mahasiswa dan teman-teman saya adalah seorang karyawan yang bekerja 08-17. Kebijakan tersebut amat sangat memberatkan bagi semua mahasiswa yang mengampuh mata kuliah Kewirausahaan dan matakuliah sejenisnya. Berita pun tersebar di berbagai situs bisa baca sendiri disini.

Bagaimanapun saya harus tetap menjalankan tugas tersebut. Masalah tercapai atau tidaknya target urusan belakangan! Yang penting usaha dan semangat dulu!. Peraktek pertama kelompok kami adalah memasarkan produk langsung face to face, door to door. Lokasi pertama yang kami datangi untuk door to door adalah Taman Kota 1 BSD. Persiapan dari kelompok kami sangat matang mulai dari bangun pagi-pagi karena waktu yang kami ambil pagi hari disaat banyak konsumen melakukan kegiatan lari pagi di Taman Kota.


Keesokan harinya lokasi yang akan kami datangi adalah jalan raya BSD dimana biasanya ada Car Free Day (CFD). Tapi setelah kami sampai di lokasi tidak ada CFD kembalilah kami di Taman Kota. Ada bazaar pula, kami pun menyewa lapak dengan mewajibkan para pelapak membayar beban sewa seharga Rp. 10.000 per lapak. Dari enam orang kami membagi dua kelompok Yeni, Shena dan saya Door to door sedangkan Nia, Asisca dan Herlina Jaga Lapak.

Lapak yang kami sewa

Tidak hanya sertifikat yang dibutuhkan diakhir semester nanti, melainkan Laporan penjualan yang wajib dilaporkan kepada Pak Rusdi disetiap minggu. Jadi tugas ini termasuk tugas mingguan kami yang harus dikerjakan setiap minggu. Yang dicek adalah laporan keuangannya yang mana laporan keuangan yang kami buat baik atau tidak, laba atau rugi sesuai dengan prosedur akuntansi yang sudah kami terima dimatakuliah yang bersangkutan dengan laporan keuangan.

Sekian ya curhatan saya mengenai tugas Kewirausahaan part I inshaAllah akan ada part part berikutnya, karena masih panjang waktunya sampai 6 bulan (satu semester). And I hope bisa capai target. Aamiin.  thank you!



foto produk taken by me (produk minuman)



Salam Blogging


You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah ini seru juga sih.. kadang ada tugas kewirausahaan yang harus jualan inisiatif engga di sediain dari kampus, namun targetnya kurang lebih sama.
    Enaknya kan disini udah jelas yah mau jualannya apa..

    Tp btw aku juga pernah jualan di CFD, agak capek dan baper karna banyak yang cuekin.. tapi so far sangat seru dan pengen lagi :D

    Eh kamu anak akuntansi ? Sama!
    Salam kenaaal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah produknya inisiatif sendiri boleh juga tuh. kalo ini jadi merasa dimonopoli :(
      iya bener capek ya! hihi tapi seru sih kebersamaannya sama temen-temen dan bisa buat pengalaman.

      salam kenal sesama anak akuntansi yang memiliki pengalaman yang sama hihi

      Delete

Powered by Blogger.

Popular Posts